Sabtu, 10 November 2012

Contoh Sinopsis Novel


SINOPSIS
Judul Buku : Cinta Suci Cinta Abadi                                                                                                            Pengarang  : Fredy                                                                                                                                              Penerbit     : Bintang Indonesia, Jakarta                                                                                                                                                                                                     Sinopsis      :
          Nasib seseorang tak aka ada orang lain yang tahu. Begitu halnya nasib Kusuma. Perjalan cinta antara Kusuma dengan Suci dimulai saat mereka berdua bertemu di sebuah toko buku. Walaupun cinta mereka berdua sangat kuat. Namun karena Kusuma adalah seorang penulis dan anak orang kuli panggul atau bias dibilang orang tak punya, hubungan cintanya dengan Suci pun ditentang habis-habisan oleh ibunya Suci. Bahkan dengan dingin dan menghina, ibunya Suci bersikap tidak suka pada Kusuma. Akibatnya, dengan sadar akan hinaan ibunya Suci, Kusuma pun  akhirnya memutuskan pergi meninggalkan Suci dengan hati yang luka dan terhina. Dia pergi ke Jakarta dengan harapan untuk menunjukan kepada ibunya Suci bahwa dia bisa merubah nasibnya menjadi sukses dan bias menjadi pelindung bagi Suci. Setelah ditinggal oleh Kusuma, Suci lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bengong berdiam diri di kamar, tidak hanya di kamar, di sekolah pun Suci juga begitu sampai-sampai ditegur oleh gurunya.
          Setahun berlalu Kusuma pun tak kunjung dating, di sisi lain, karena dorongan ibunya untuk untuk bercinta dengan lelaki lain yang bernama Hendra, Suci yang tadinya tidak mau dan masih setia pada Kusuma justru malah terperangkap ke dalam pelukan lelaki yang tak bertanggungjawab itu. Lelaki itu mengaku seorang eksekutif muda, mempunyai rumah dan perusahaan dimana-mana dan kaya. Padahal sebenarnya, dia tak lebih dari seorang buaya darat. Terbukti, setelah dia berhasil mendapatkan apa yang dia inginkan, lelaki itu pergi menghilang dengan alasan ada panggilan dari kantor. Bahkan mobil serta rumah yang dia akui sebagai miliknya, ternyata itu semua adalah milik korban penipuannya juga. Suci sangat kecewa akan hal itu. Suci juga menyalahkan itu semua kepada ibunya, tapi ibunya juga ngeyel bahwa itu semua kesalahan ibunya Suci.



Suci juga kecewa pada ibunya yang matrelialistis itu, karena gara-gara, ibunya Suci jadi begini. Kemudian, saat hari tengah malam ketika kedua orang tuanya Suci tidur, Suci  pun melarikan diri dari rumah dan pergi ke Jakarta hanya dengan berbekal uang beberapa ratus ribu serta pakaian beberapa potong dan juga perhiasan yang dipakainya . Dan berharap agar disana dia mendapat pekerjaan yang layak dengan berbekal ijazahnya itu. Kemudian Suci pergi meninggalkan rumah. Dia pergi ke Jakarta. Tapi malang nasibnya, di Terminal Pulogadung tas berisi pakaian, uang serta ijazah dicopet, sehingga  dia bertemu dengan wanita yang pura-pura baik padanya, padahal sebenarnya dia seorang mucikari. Lalu wanita itu menyuruh agar bekerja padanya dengan gaji yang lumayan, lalu Suci pun menurutinya walaupun sebenarnya dia tidak mau. Mau bagaimana lagi, kalau tidak aku bisa mati keleparan pikirnya Suci.              
Setelah tahu kalau dia akan dipekerjakan dengan tidak layak oeh wanita itu, Suci mencoba melarikan diri walaupun selalu gagal karena pengawasan yang ketat, Suci akan disiksa oleh para bodyguard mucikari itu jika dia tidak mau bekerja dan kalau melarikan diri . Setelah beberapa lama Suci bekerja bersamanya. Suci dipertemukan kembali saat itu oleh Kusuma, walaupun sebelumnya Suci tidak percaya kalau itu Kusuma karena penampilanya yang sudah sangat berbeda dari dulu. Mengetahui sekarang Kusuma telah sukses dan kaya. Mucikari itu menawarkan bisa melepaskan Suci asal Kusuma bisa membayar  100 juta untuknya. Walaupun itu membuat Suci dan Kusuma terkejut dan memprotes akan semua itu tetapi Kusuma tetap berniat untuk membayar semua itu demi cintanya yang tulus kepada Suci. Setelah terlepas dari cekaman wanita itu, akhirnya Kusuma pun berniat untuk menikahi Suci dan akan membahagiakannya untuk selamanya. Dan mereka berdua pun hidup bahagia.  Selesai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar